Skip to main content

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

Tips Membeli Rumah dengan Gaji Pas-pasan

Semua orang pastinya ingin memiliki hunian sendiri, apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Hunian (rumah) adalah tempat untuk berkumpulnya semua anggota keluarga. Namun seperti yang kita tahu, memiliki rumah sendiri bukanlah hal yang mudah saat ini karena harganya selalu naik.

Bahkan bagi sebagian orang memiliki rumah menjadi hal yang tidak mungkin mengingat gaji yang diterima setiap bulannya sangatlah terbatas alias pas-pasan. Keadaan ekonomi yang tidak stabil kerap kali menjadi penghalang dan membuat orang tersebut merasa kurang percaya diri untuk mewujudkan impiannya mempunyai hunian.

Bagi yang memiliki gaji pas-pasan, jangan langsung berkecil hati atau bahkan putus asa jika ada orang yang menganggap “tidak mampu” untuk membeli rumah. Bahkan Anda bisa beli dengan gaji 3 juta ingin punya rumah!

Cobalah terapkan beberapa tips menyiasati gaji pas pasan untuk memiliki hunian berikut ini.

Tips beli rumah dengan gaji pas pasan

1. Merencanakan Keuangan

Melakukan perencanaan keuangan sangatlah penting agar impian untuk memiliki rumah segera terwujud. Catatlah semua pengeluaran dalam satu bulan, maka Anda akan tahu berapa kisaran biaya yang akan dikeluarkan.

Memang jumlahnya tidak akan mutlak, namun biaya ini bisa dijadikan patokan. Setelah mengetahui jumlahnya, Anda perlu membagi gaji setiap bulannya. Bedakan antara pengeluaran, tabungan, dan juga uang Down Payment (DP).

Sisihkanlah setidaknya 20% dari gaji digunakan untuk tabungan DP. Karena untuk dapat mengikuti program cicilan, setidaknya harus bisa membayar DP minimal 20% dari harga aprasial hunian.

2. Pilih KPR yang Tepat

Saat ini banyak bank yang menawarkan program KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau KPA (Kredit Pemilikan Apartemen). Program cicilan yang diberikan juga berbeda-beda tergantung bank penyedia. Saat mengikuti KPR, usahakan untuk memilih bank yang menawarkan program cicilan 10 hingga  15 tahun dan bunga cicilannya rendah. Hal ini agar Anda mudah melunasi cicilan dan tidak merasa terbebani ketika membayarnya.

3. Latihan Mencicil

Tips menyiasati gaji pas pasan berikutnya adalah latihan mencicil. Jika Anda bukan termasuk orang yang suka menyicil barang, maka perlu berlatih jika berniat untuk membeli sebuah rumah. Rasakan apakah cicilan ini menambah beban Anda setiap bulan atau malah justru meringankan.

Jika cicilan menambah beban, maka Anda tidak perlu buru-buru untuk melakukan cicilan rumah. Namun jika sebaliknya sama sekali tidak membebankan, ini berarti Anda telah siap untuk membeli rumah dengan cara dicicil.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Gaji yang dianggap pas-pasan memang kerap kali membuat diri sulit menggapai apa yang telah menjadi impian. Maka dari itu, Anda bisa coba mencari penghasilan tambahan. Misalnya dengan berjualan online. Untuk jenis usahanya, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan ekonomi agar tidak memberatkan diri saat menjalankannya.

Jadi, sudah siap memiliki hunian?

Jika sudah memiliki tabungan setidaknya 20% dari harga rumah, itu tandanya Anda sudah siap untuk ikut program KPR. Ayo ajukan sekarang sebelum harga rumah melambung tinggi!

Comments

Popular posts from this blog

Yuk, Rawat Kilau Lantai Marmermu. Begini Caranya!

Lantai marmer sudah lama menjadi primadona para pecinta desain interior. Tak hanya karena warna dan motifnya yang eksklusif sehingga menimbulkan kesan mewah, marmer juga dipilih karena daya tahannya. Meski begitu, lantai marmer juga membutuhkan perawatan khusus lho. Karena merupakan batuan asli yang pada dasarnya memiliki pori, marmer cukup sensitif terhadap cairan yang dapat membuat warnanya pudar atau kusam. Lalu, bagaimana cara menjaga lantai marmer agar tetap berkilau? Berikut adalah beberapa tipsnya. Pel dengan Air Panas Tahukah Anda, mengepel lantai marmer dengan air panas akan lebih efektif dibanding menggunakan air biasa lho. Air panas terbukti lebih baik dalam membersihkan kotoran. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak larutan keras yang justru membuat lantai rusak. Gunakan Detergen dengan pH Netral Penggunaan sabun dengan pH netral ini bertujuan agar lantai marmer tidak mudah rusak. Campurkan detergen dengan air yang sudah dipanaskan

Belum Punya Rencana Weekend? Yuk Coba ke Cafe di Sentul

Akhir pekan memang waktu yang paling sempurna untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Banyak orang menghabiskan akhir pekannya dengan sekedar bercengkrama bersama keluarga atau pergi hangout dengan sahabat. Mengisi akhir pekan tidak selalu harus berdiam di rumah atau pergi ke pusat perbelanjaan saja, Anda bisa mencari alternatif wisata lain yang tentunya tak kalah asik untuk menghabiskan waktu libur. Salah satunya dengan wisata kuliner. Bicara tentang wisata kuliner, Apartemen Olympic Residence berada dekat dengan tempat makan di Sentul, Bogor. Eits, jangan salah! Banyak  cafe di Sentul  yang menarik, lho. Apa aja sih? Yuk simak beberapa rekomendasi berikut ini. 1. Pasar Ah Poong Keindahan dan keunikan Pasar Apung telah menyita perhatian pecinta kuliner, pengunjung salah satu cafe di Sentul ini tidak hanya berasal dari wilayah Bogor saja, melainkan juga berasal dari Jakarta. Pasar Ah Poong (di baca: Pasar Apung) adalah sebuah restoran dengan konsep terbuka

Kemilau Marmer: Poles Marmer Itu Gak Bisa Sembarangan!

Sudah sejak lama jasa poles marmer hadir di Indonesia. Sebagai salah satu jasa yang sangat dibutuhkan di dunia properti, jasa poles marmer dan granit menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan, terlebih diiringi dengan perkembangan properti di Indonesia yang pesat dan terus berkelanjutan membuat banyak orang tertarik untuk menjalankan bisnis ini. Sayangnya, tidak semua teknisi atau pekerjanya bisa melakukannya dengan benar, bahkan tidak jarang teknisi yang tidak mengerti standarnya. Untuk masalah tersebut Kemilau Marmer hadir untuk memberikan solusi. Apa bedanya Kemilau Marmer dengan tukang poles marmer lain? Kemilau Marmer memiliki standar proses kerja internasional yang mana mewajibkan ketelitian dari teknisi. Kemilau Marmer menggunakan tenaga terpilih dan pengerjaan diawasi oleh supervisor yang sudah berpengalaman mengerjakan dan mengajarkan poles marmer, granit, teraso, keramik, dan jenis lainnya. Kenapa Kemilau Marmer lebih baik? Kemilau Marmer adalah unit usah