Skip to main content

Mau Mulai Investasi Properti? Sudah Tau Istilah-Istilah Ini Belum?


Mau Mulai Investasi Properti? Sudah Tau Istilah-Istilah Ini Belum?

Properti menjadi salah satu sektor investasi yang digemari oleh para investor. Tak heran memang. Besarnya keuntungan yang dijanjikan membuat banyak orang terlena untuk menjalankan bisnis ini.

Namun untuk menjalankan investasi properti, Anda tentunya harus memiliki strategi yang matang agar keuntungan yang didapatkan bisa sesuai harapan. Selain itu, mendalami seluk beluk sektor ini pun menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan. Nah, salah satu hal yang harus Anda pahami sebelum terjun ke dunia properti adalah istilah-istilah yang sering digunakan.

Lantas, apa saja istilah properti yang harus Anda ketahui? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Istilah-Istilah dalam Properti

Masterplan

Masterplan merupakan istilah yang menggambarkan rencana pengembangan berskala Besar (Major Area Development) yang dilakukan oleh satu atau beberapa developer yang biasanya dilakukan untuk pengembangan kawasan penyangga.

Sunrise Property

Sunrise property artinya properti baru yang berkembang dan nilainya naik dengan stabil. Jika mengacu pada lokasi, sunrise property terletak di kawasan baru yang berkembang dan stabil, atau kawasan modern yang baru direhabilitasi.

Sunset Property

Kebalikan dari sunrise property, sunset property menunjukkan bahwa properti berusia tua dan kualitasnya jelek. Properti dengan ciri-ciri seperti ini kurang baik secara ekonomi sehingga tidak cocok untuk diinvestasikan.

Capital Gain

Yaitu keuntungan atau laba dari hasil penjualan properti yang nilainya lebih besar dibanding harga pembelian.

Earlybird

Yaitu membeli properti saat baru dipasarkan pengembang.

Superblok

Kawasan superblok atau sering disebut kota mandiri (self contained city) merupakan kawasan yang bertujuan untuk mengintegralkan berbagai fungsi yang ada di dalamnya, mulai dari fasilitas perkantoran, perdagangan, pemukiman, hingga rekreasi. Dilihat dari letaknya yang ada di dalam kota, superblok juga disebut sebagai ‘kota di dalam kota’ atau city within city.

Okupansi

Istilah ini berarti sejumlah unit yang sudah terisi atau disewa dalam sebuah properti. Contohnya seperti gedung apartemen, perkantoran atau pusat perbelanjaan.

AJB

Akta Jual Beli adalah dokumen atau akta yang membuktikan adanya peralihan hak atas aset dari pemilik lama kepada pemilik baru.

Strata Title

Strata title  merupakan hak kepemilikan bersama atas sebuah kompleks bangunan yang terdiri dari hak atas ruang pribadi dan hak bersama atas ruang publik.

Loss Transaction

Loss transaction menunjukkan adanya biaya yang hilang saat membeli properti yang disebabkan biaya-biaya tak terduga, seperti pembayaran pembayaran pajak PPH, BPHTB, dan lainnya.

Booming Property

Booming property menggambarkan kondisi terjadinya peningkatan aktivitas investasi yang tinggi. Dengan kata lain, properti sedang laris manis banyak dibeli banyak orang.

Yield

Istilah ini menunjukkan keuntungan yang didapat yang dihitung dengan membagi nilai sewa per tahun dengan harga properti. Misalnya, harga properti Rp100 juta sementara harga sewa Rp5 juta per tahun, maka yield properti tersebut 5%.

Mixed-Use Development

Artinya di dalam proyek properti terdapat beberapa fungsi, seperti hunian, komersial, dan perkantoran.

Cost and Fee

Merupakan sistem yang diberlakukan kontraktor untuk pengerjaan pembangunan suatu proyek berdasarkan bagi hasil, dimana harga material, desain dan upah tenaga kerja mengikuti atau dapat berubah selama proyek belum selesai.

Broker

Broker adalah individu atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual dan beli properti.

Agen Properti

Orang yang bertugas mencari listing dan menjual properti. Posisinya berada di bawah Broker properti.

Co-broking

Kerjasama penjualan properti antara 2 agen atau lebih.

KPR

Kredit Kepemilikan Rumah adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan berupa rumah tersebut.

KPA

Kredit Pemilikan Apartemen adalah fasilitas kredit yang disediakan oleh bank untuk membeli apartemen, kondominium dan kondotel secara berkala dalam kurun waktu yang ditentukan oleh pihak bank dan pengembang.

Nah, itulah beberapa istilah properti yang harus Anda pahami sebelum memulai bisnis ini. Sebenanrnya, masih banyak istilah dalam dunia properti yang harus Anda ketahui. Anda bisa menjelajahinya di sini.

Salam Investasi!

Comments

Popular posts from this blog

Yuk, Rawat Kilau Lantai Marmermu. Begini Caranya!

Lantai marmer sudah lama menjadi primadona para pecinta desain interior. Tak hanya karena warna dan motifnya yang eksklusif sehingga menimbulkan kesan mewah, marmer juga dipilih karena daya tahannya. Meski begitu, lantai marmer juga membutuhkan perawatan khusus lho. Karena merupakan batuan asli yang pada dasarnya memiliki pori, marmer cukup sensitif terhadap cairan yang dapat membuat warnanya pudar atau kusam. Lalu, bagaimana cara menjaga lantai marmer agar tetap berkilau? Berikut adalah beberapa tipsnya. Pel dengan Air Panas Tahukah Anda, mengepel lantai marmer dengan air panas akan lebih efektif dibanding menggunakan air biasa lho. Air panas terbukti lebih baik dalam membersihkan kotoran. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak larutan keras yang justru membuat lantai rusak. Gunakan Detergen dengan pH Netral Penggunaan sabun dengan pH netral ini bertujuan agar lantai marmer tidak mudah rusak. Campurkan detergen dengan air yang sudah dipanaskan

Belum Punya Rencana Weekend? Yuk Coba ke Cafe di Sentul

Akhir pekan memang waktu yang paling sempurna untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Banyak orang menghabiskan akhir pekannya dengan sekedar bercengkrama bersama keluarga atau pergi hangout dengan sahabat. Mengisi akhir pekan tidak selalu harus berdiam di rumah atau pergi ke pusat perbelanjaan saja, Anda bisa mencari alternatif wisata lain yang tentunya tak kalah asik untuk menghabiskan waktu libur. Salah satunya dengan wisata kuliner. Bicara tentang wisata kuliner, Apartemen Olympic Residence berada dekat dengan tempat makan di Sentul, Bogor. Eits, jangan salah! Banyak  cafe di Sentul  yang menarik, lho. Apa aja sih? Yuk simak beberapa rekomendasi berikut ini. 1. Pasar Ah Poong Keindahan dan keunikan Pasar Apung telah menyita perhatian pecinta kuliner, pengunjung salah satu cafe di Sentul ini tidak hanya berasal dari wilayah Bogor saja, melainkan juga berasal dari Jakarta. Pasar Ah Poong (di baca: Pasar Apung) adalah sebuah restoran dengan konsep terbuka

Kemilau Marmer: Poles Marmer Itu Gak Bisa Sembarangan!

Sudah sejak lama jasa poles marmer hadir di Indonesia. Sebagai salah satu jasa yang sangat dibutuhkan di dunia properti, jasa poles marmer dan granit menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan, terlebih diiringi dengan perkembangan properti di Indonesia yang pesat dan terus berkelanjutan membuat banyak orang tertarik untuk menjalankan bisnis ini. Sayangnya, tidak semua teknisi atau pekerjanya bisa melakukannya dengan benar, bahkan tidak jarang teknisi yang tidak mengerti standarnya. Untuk masalah tersebut Kemilau Marmer hadir untuk memberikan solusi. Apa bedanya Kemilau Marmer dengan tukang poles marmer lain? Kemilau Marmer memiliki standar proses kerja internasional yang mana mewajibkan ketelitian dari teknisi. Kemilau Marmer menggunakan tenaga terpilih dan pengerjaan diawasi oleh supervisor yang sudah berpengalaman mengerjakan dan mengajarkan poles marmer, granit, teraso, keramik, dan jenis lainnya. Kenapa Kemilau Marmer lebih baik? Kemilau Marmer adalah unit usah